Lily Allen - Smile


Lily Allen - Smile

Minggu, 10 Oktober 2010

Materi Pengenalan Teknik Sistem Informasi C

Evolusi Internet

  • Dimulai tahun 1969 untuk kepentingan militer bertukar informasi, Pemerintah AS membentuk suatu jaringan yang dikenal dengan the Advanced Research Projects Agency network (ARPANET)
  • ARPANET didesign untuk komunikasi antar komputer
  • ARPANET bekerjasama bersama dua jaringan lain yaitu Computer Science Network (CSNET) dan National Science Foundation Network (NSFNET) akhirnya membuat/membentuk apa yang dikenal sekarang dengan nama INTERNET
  • Sejak tahun 1970 pekerjaan di ARPANET adalah menghubungnakan berbagai jaringan dan mengembangkan perangkat jaringan yang diperlukan
  • Selama awal tahun 1980, jaringan ini akhirnya dikenal sebagai Internet
  • Mulai periode ini perusahaan-perusahaan bisnis mulai menggunakannya dari workstation dan jaringan lokal
  • Internet akhirnya menjadi penghubung suatu jaringan dengan jaringan lainnya
  • Tahun 1989, Tim Berners-Lee yang bekerja di CERN (Laboratarium Fisika Partikel Eropa) menemukan suata cara yang lebih baik untuk berkomunikasi. Idenya adalah menggunakan hypertext
  • Hypertext adalah dokumen-dokumen dalam bentuk elektronik yang saling dikaitkan dengan cara tertentu
  • Idenya menjadi kenyataan pada pertengahan tahun 1992 dalam bentuk World-Wide Web yang juga disebut dengan Web, dan  pada akhirnya bukan hanya sekeder hypertext tapi jg mampu menyimpan dan mengambil hypermedia
  • Hypermedia adalah multimedia yang terdiri dari teks, grafik, audio dan video dalam suatu jaringan internet
  • World Wide Web juga disebut dengan Web, www, w3 adalah ruang informasi di internet tempat dokumen-dokumen hypertext dan hypermedia disimpan dan dapat diambil melalu suatu skema alamat yang unik
  • Internet menyediakan arsitektur jaringan dan Web menyediakan metode untuk menyimpan dan mengambil dokumen-dokumennya
  • Word Wide Web merupakan kumpulan server internet yang menyimpan dokumen2 yg diformat dan memungkinkan orang melihat teks, grafik dan audio/video maupun memungkinkan kaitan ke dokumen-dokumen lain di Web
Definisi Internet

Internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan meia komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi yaitu protokol TCP/IP. Internet merupakan media komunikasi dan informasi modern.

Organisasi Internet

Internet, sebuah kolaborasi internasional longgar-terorganisir otonom, jaringan saling berhubungan, mendukung komunikasi host-to-host melalui kepatuhan sukarela untuk membuka protokol dan prosedur yang didefinisikan oleh Standar Internet. Ada juga Internets banyak terisolasi, yaitu, set dari jaringan interkoneksi, yang tidak terhubung ke internet, namun menggunakan Standar Internet. (RFC 1602)

Tidak ada yang benar-benar memiliki atau mengendalikan Internet. Sebaliknya, partisipasi dalam Internet berasal dari partisipasi sukarela di Internet Standar. Banyak penyedia layanan internet tidak hanya mematuhi standar ini, tetapi membuat akses ke jaringan mereka tersedia untuk umum. Ini adalah interkoneksi sukarela dan kerjasama dari penyedia yang membentuk internet global. Saat ini (awal 1996), sekitar 300 penyedia jasa saling berhubungan untuk membentuk Internet.

Internet Society (ISOC)

Internet Society (ISOC) adalah masyarakat profesional yang berkaitan dengan pertumbuhan dan evolusi Internet di seluruh dunia, dengan cara yang internet dan dapat digunakan, dan dengan sosial, politik, dan teknis masalah yang timbul sebagaihasil. ISOC Pembina bertanggung jawab untuk menyetujui janji kepada IAB dari antara para calon diajukan oleh komite IETF pencalonan. (RFC 1718)

ISOC memelihara sebuah halaman web di http://www.isoc.org/.The ISOC Eksekutif Direktori dapat dihubungi di amr@isoc.org.

Internet Architecture Board (IAB)

Internet Architecture Board (IAB) adalah kelompok penasehat teknis dari ISOC. Hal ini disewa untuk memberikan pengawasan dari arsitektur Internet dan protokol, dan untuk melayani, dalam konteks proses standar Internet, sebagai badan yang keputusan IESG mungkin mengajukan banding. IAB bertanggung jawab untuk menyetujui pengangkatan IESG dari antara nominasi yang diajukan oleh komite nominasi IETF. (RFC 1718)

IAB dapat dihubungi di iab-contact@isi.edu.

Internet Engineering Steering Group (IESG)

Internet Engineering Steering Group (IESG) bertanggung jawab untuk manajemen teknis kegiatan IETF dan proses standar Internet. Sebagai bagian dari ISOC, itu mengelola proses menurut aturan dan prosedur yang telah diratifikasi oleh Pembina ISOC.IESG secara langsung bertanggung jawab atas tindakan yang terkait dengan masuk ke dalam dan gerakan sepanjang Internet "lagu standar," termasuk persetujuan akhir dari spesifikasi sebagai Standar Internet.

IESG ini dapat dihubungi di iesg@cnri.reston.va.us.

Internet Engineering Task Force (IETF)

Internet Engineering Task Force (IETF) adalah kelompok yang terorganisir secara longgar diri orang yang memberikan kontribusi teknis dan lainnya untuk rekayasa dan evolusi Internet dan teknologi nya. Ini adalah tubuh utama terlibat dalam pengembangan spesifikasi standar Internet baru. Misinya meliputi:

  1. Mengidentifikasi, dan mengusulkan solusi untuk, menekan masalah operasional dan teknis di Internet;
  2. Menentukan pengembangan atau penggunaan protokol dan arsitektur dekat panjang untuk memecahkan masalah-masalah teknis seperti untuk Internet;
  3. Membuat rekomendasi kepada Internet Engineering Steering Group (IESG) mengenai standarisasi protokol dan penggunaan protokol di Internet;
  4. Memfasilitasi transfer teknologi dari Internet Research Task Force (IRTF) ke komunitas Internet yang lebih luas, dan
  5. Menyediakan sebuah forum untuk pertukaran informasi dalam komunitas Internet antara vendor, pengguna, peneliti kontraktor agen, dan manajer jaringan.
IETF ini dibagi menjadi delapan area fungsional. Mereka adalah: Aplikasi, Internet, Manajemen Jaringan, Persyaratan Operasional, Routing, Security, Transport dan Jasa User. Setiap daerah memiliki satu atau dua direktur daerah. Para direktur daerah, bersama dengan IETF / IESG Ketua, bentuk IESG tersebut.

Setiap daerah memiliki beberapa kelompok kerja. Sebuah kelompok kerja adalah sekelompok orang yang bekerja di bawah sebuah piagam untuk mencapai tujuan tertentu. Itu mungkin tujuan penciptaan dokumen Informational, penciptaan spesifikasi protokol, atau penyelesaian masalah di Internet. Sebagian besar kelompok kerja seumur hidup terbatas. Artinya, sekali kelompok kerja telah mencapai tujuannya, ia membubarkan. Seperti dalam IETF, tidak ada keanggotaan resmi untuk kelompok kerja. Tidak resmi, seorang anggota kelompok kerja adalah seseorang yang ada di mailing list bahwa kelompok kerja itu, namun, siapapun akan menghadiri pertemuan kelompok kerja. (RFC 1718)

IETF dan berbagai kelompok kerja mempertahankan berbagai milis. Untuk bergabung daftar pengumuman IETF, mengirim permintaan ke ietf-announce-request@cnri.reston.va.us. Untuk bergabung dengan daftar diskusi IETF, mengirim permintaan ke ietf-request@cnri.reston.va.us.

Internet Assigned Number Authority (IANA)

Banyak protokol spesifikasi termasuk angka, kata kunci, dan parameter lain yang harus unik ditugaskan. Contohnya termasuk nomor versi, nomor protokol, nomor port, dan nomor MIB. IAB telah mendelegasikan ke Internet Assigned Numbers Authority (IANA) tugas menetapkan parameter protokol tersebut untuk Internet.IANA menerbitkan tabel semua nomor yang sedang ditugaskan dan parameter dalam RFC berjudul "Assigned Numbers". (RFC 1602)

IANA mempertahankan halaman web di http://www.isi.edu/iana/ dan dapat dihubungi di iana@isi.edu.

Editor RFC

Setiap versi yang berbeda dari spesifikasi ini diterbitkan sebagai bagian dari "Request for Comments" (RFC) seri dokumen. Arsip seri ini adalah saluran publikasi resmi untuk dokumen standar Internet dan publikasi lain dari IESG, IAB, dan komunitas internet.RFC tersedia untuk FTP anonim dari sejumlah host Internet.

Seri RFC dokumen pada jaringan dimulai pada tahun 1969 sebagai bagian dari proyek jaringan wide-area asli ARPA (ARPANET) (lihat Lampiran A untuk glossary singkatan). RFC mencakup berbagai topik, dari diskusi awal konsep penelitian baru untuk status memo tentang Internet. publikasi RFC merupakan tanggung jawab langsung dari Editor RFC, di bawah arahan umum IAB. (RFC 1602)

Editor RFC menyimpan halaman web di http://www.isi.edu/rfc-editor/ dan dapat dihubungi di rfc-editor@isi.edu.

InterNIC

InterNIC, Internet Network Information Center, memiliki dua komponen utama. AT & T memberikan Direktori dan Database Services, yang paling penting Internet White Pages, digunakan oleh program Whois untuk menemukan orang, jaringan, dan domain. Network Solutions, Inc menyediakan Pendaftaran Layanan, termasuk registrasi nama domain. Awalnya didanai oleh NSF, InterNIC menjadi mandiri.

InterNIC memelihara sebuah halaman web di
http://www.internic.net/.

Aplikasi Internet

Internet sebenarnya mengacu kepada istilah untuk menyebut sebuah jaringan, bukannya suatu aplikasi tertentu. Karenanya, internet tidaklah memiliki manfaat apa-apa tanpa adanya aplikasi yang sesuai. Internet menyediakan beragam aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Setiap aplikasi berjalan diatas sebuah protokol tertentu. Istilah "protokol" di internet mengacu pada satu set aturan yang mengatur bagaimana sebuah aplikasi berkomunikasi dalam suatu jaringan. Sedangkan software aplikasi yang berjalan diatas sebuah protokol disebut sebagai aplikasi client. Di bagian ini, kita akan berkenalan secara sepintas dengan aplikasi-aplikasi yang paling sering dimanfaatkan oleh pengguna internet.

WWW (World Wide Web)

Dewasa ini, WWW atau yang sering disebut sebagai "web" saja adalah merupakan aplikasi internet yang paling populer. Demikian populernya hingga banyak orang yang keliru mengidentikkan web dengan internet.

Secara teknis, web adalah sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain yang tersimpan dalam sebuah internet webserver dipresentasikan dalam bentuk hypertext. Informasi di web dalam bentuk teks umumnya ditulis dalam format HTML (Hypertext Markup Language). Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF, JPG, PNG), suara (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World).

Web dapat diakses oleh perangkat lunak web client yang secara populer disebut sebagai browser. Browser membaca halaman-halaman web yang tersimpan dalam webserver melalui protokol yang disebut HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Dewasa ini, tersedia beragam perangkat lunak browser. Beberapa diantaranya cukup populer dan digunakan secara meluas, contohnya seperti Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, maupun Opera, namun ada juga beberapa produk browser yang kurang dikenal dan hanya digunakan di lingkungan yang terbatas.

Sebagai dokumen hypertext, dokumen-dokumen di web dapat memiliki link (sambungan) dengan dokumen lain, baik yang tersimpan dalam webserver yang sama maupun di webserver lainnya. Link memudahkan para pengakses web berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya, dan "berkelana" dari satu server ke server lain. Kegiatan penelusuran halaman web ini biasa diistilahkan sebagai browsing, ada juga yang menyebutnya sebagai surfing (berselancar).

Seiring dengan semakin berkembangnya jaringan internet di seluruh dunia, maka jumlah situs web yang tersedia juga semakin meningkat. Hingga saat ini, jumlah halaman web yang bisa diakses melalui internet telah mencapai angka miliaran. Untuk memudahkan penelusuran halaman web, terutama untuk menemukan halaman yang memuat topik-topik yang spesifik, maka para pengakses web dapat menggunakan suatu search engine (mesin pencari). Penelusuran berdasarkan search engine dilakukan berdasarkan kata kunci (keyword) yang kemudian akan dicocokkan oleh search engine dengan database (basis data) miliknya. Dewasa ini, search engine yang sering digunakan antara lain adalah Google (www.google.com) dan Yahoo (www.yahoo.com).

Electronic Mail/Email/Messaging

Email atau kalau dalam istilah Indonesia, surat elektronik, adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet. Para pengguna email memilki sebuah mailbox (kotak surat) elektronik yang tersimpan dalam suatu mailserver. Suatu Mailbox memiliki sebuah alamat sebagai pengenal agar dapat berhubungan dengan mailbox lainnya, baik dalam bentuk penerimaan maupun pengiriman pesan. Pesan yang diterima akan ditampung dalam mailbox, selanjutnya pemilik mailbox sewaktu-waktu dapat mengecek isinya, menjawab pesan, menghapus, atau menyunting dan mengirimkan pesan email.

Layanan email biasanya dikelompokkan dalam dua basis, yaitu email berbasis client dan email berbasis web. Bagi pengguna email berbasis client, aktifitas per-emailan dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak email client, misalnya Eudora atau Outlook Express. Perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline (tidak tersambung ke internet), dengan demikian, biaya koneksi ke internet dapat dihemat. Koneksi hanya diperlukan untuk melakukan pengiriman (send) atau menerima (recieve) email dari mailbox.

Sebaliknya, bagi pengguna email berbasis web, seluruh kegiatan per-emailan harus dilakukan melalui suatu situs web. Dengan demikian, untuk menggunakannya haruslah dalam keadaan online. Alamat email dari ISP (Internet Service Provider) umumnya berbasis client, sedangkan email berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis seperti Hotmail (www.hotmail.com) atau YahooMail (mail.yahoo.com).

Beberapa pengguna email dapat membentuk kelompok tersendiri yang diwakili oleh sebuah alamat email. Setiap email yang ditujukan ke alamat email kelompok akan secara otomatis diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Kelompok semacam ini disebut sebagai milis (mailing list). Sebuah milis didirikan atas dasar kesamaan minat atau kepentingan dan biasanya dimanfaatkan untuk keperluan diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya. Saat ini, salah satu server milis yang cukup banyak digunakan adalah Yahoogroups (www.yahoogroups.com).

Pada mulanya sistem email hanya dapat digunakan untuk mengirim informasi dalam bentuk teks standar (dikenal sebagai ASCII, American Standard Code for Information Interchange). Saat itu sukar untuk mengirimkan data yang berupa berkas non-teks (dikenal sebagai file binary). Cara yang umum dilakukan kala itu adalah dengan menggunakan program uuencode untuk mengubah berkas binary tersebut menjadi berkas ASCII, kemudian baru dikirimkan melalui e-mail. Di tempat tujuan, proses sebaliknya dilakukan. Berkas ASCII tersebut diubah kembali ke berkas binary dengan menggunakan program uudecode. Cara ini terlalu kompleks (tidak terintegrasi dengan sistem email).

Belakangan dikembangkan standar baru yang disebut MIME (Multipurpose Internet Mail Extensions). Standar ini diciptakan untuk mempermudah pengiriman berkas dengan melalui attachment. MIME juga memungkinkan sebuah pesan dikirimkan dalam berbagai variasi jenis huruf, warna, maupun elemen grafis. Walaupun nampak menarik, penggunaan MIME akan membengkakkan ukuran pesan email yang dikirimkan. Hal ini jelas akan memperlambat waktu yang dibutuhkan untuk mengirim maupun menerima pesan. Dalam hal ini, ada anjuran agar sedapat mungkin menggunakan format teks standar dalam penyuntingan email. Gunakan MIME hanya untuk pesan-pesan tertentu yang memang membutuhkan tampilan yang lebih kompleks.

File Transfer

Fasilitas ini memungkinkan para pengguna internet untuk melakukan pengiriman (upload) atau menyalin (download) sebuah file antara komputer lokal dengan komputer lain yang terhubung dalam jaringan internet. Protokol standar yang digunakan untuk keperluan ini disebut sebagai File Transfer Protocol (FTP). FTP umumnya dimanfaatkan sebagai sarana pendukung untuk kepentingan pertukaran maupun penyebarluasan sebuah file melalui jaringan internet. FTP juga dimanfaatkan untuk melakukan prose upload suatu halaman web ke webserver agar dapat diakses oleh pengguna internet lainnya.

Secara teknis, aplikasi FTP disebut sebagai FTP client, dan yang populer digunakan saat ini antara lain adalah Cute FTP dan WS_FTP, Aplikasi-aplikasi ini umumnya dimanfaatkan untuk transaksi FTP yang bersifat dua arah (active FTP). Modus ini memungkinkan pengguna untuk melakukan baik proses upload maupun proses download. Tidak semua semua server FTP dapat diakses dalam modus active. Untuk mencegah penyalahgunaan--yang dapat berakibat fatal bagi sebuah server FTP--maka pengguna FTP untuk modus active harus memiliki hak akses untuk mengirimkan file ke sebuah server FTP. Hak akses tersebut berupa sebuah login name dan password sebagai kunci untuk memasuki sebuah sistem FTP server. Untuk modus passive, selama memang tidak ada restriksi dari pengelola server, umumnya dapat dilakukan oleh semua pengguna dengan modus anonymous login (log in secara anonim). Kegiatan mendownload software dari Internet misalnya, juga dapat digolongkan sebagai passive FTP.

Remote Login

Layanan remote login mengacu pada program atau protokol yang menyediakan fungsi yang memungkinkan seorang pengguna internet untuk mengakses (login) ke sebuah terminal (remote host) dalam lingkungan jaringan internet. Dengan memanfaatkan remote login, seorang pengguna internet dapat mengoperasikan sebuah host dari jarak jauh tanpa harus secara fisik berhadapan dengan host bersangkutan. Dari sana ia dapat melakukan pemeliharaan (maintenance), menjalankan sebuah program atau malahan menginstall program baru di remote host.

Protokol yang umum digunakan untuk keperluan remote login adalah Telnet (Telecommunications Network). Telnet dikembangkan sebagai suatu metode yang memungkinkan sebuah terminal mengakses resource milik terminal lainnya (termasuk hard disk dan program-program yang terinstall didalamnya) dengan cara membangun link melalui saluran komunikasi yang ada, seperti modem atau network adapter. Dalam hal ini, protokol Telnet harus mampu menjembatani perbedaan antar terminal, seperti tipe komputer maupun sistem operasi yang digunakan.

Aplikasi Telnet umumnya digunakan oleh pengguna teknis di internet. Dengan memanfaatkan Telnet, seorang administrator sistem dapat terus memegang kendali atas sistem yang ia operasikan tanpa harus mengakses sistem secara fisik, bahkan tanpa terkendala oleh batasan geografis.

Namun demikian, penggunaan remote login, khususnya Telnet, sebenarnya mengandung resiko, terutama dari tangan-tangan jahil yang banyak berkeliaran di internet. Dengan memonitor lalu lintas data dari penggunaan Telnet, para cracker dapat memperoleh banyak informasi dari sebuah host, dan bahkan mencuri data-data penting sepert login name dan password untuk mengakses ke sebuah host. Kalau sudah begini, mudah saja bagi mereka-mereka ini untuk mengambil alih sebuah host. Untuk memperkecil resiko ini, maka telah dikembangkan protokol SSH (secure shell) untuk menggantikan Telnet dalam melakukan remote login. Dengan memanfaatkan SSH, maka paket data antar host akan dienkripsi (diacak) sehingga apabila "disadap" tidak akan menghasilkan informasi yang berarti bagi pelakunya.

IRC (Internet Relay Chat)

Layanan IRC, atau biasa disebut sebagai "chat" saja adalah sebuah bentuk komunikasi di intenet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan yang diketikkan melalui keyboard. Dalam sebuah sesi chat, komnunikasi terjalin melalui saling bertukar pesan-pesan singkat. kegiatan ini disebut chatting dan pelakunya disebut sebagai chatter. Kegiatan chatting membutuhkan software yang disebut IRC Client, diantaranya yang paling populer adalah software mIRC.

Dalam sebuah sesi chatting, para chatter dapat saling berkomunikasi secara berkelompok dalam suatu chat room dengan membicarakan topik tertentu atau berpindah ke modus private untuk mengobrol berdua saja dengan chatter lain.

Ada juga beberapa variasi lain dari IRC, misalnya apa yang dikenal sebagai MUD (Multi-User Dungeon atau Multi-User Dimension). Berbeda dengan IRC yang hanya menampung obrolan, aplikasi pada MUD jauh lebih fleksibel dan luas. MUD lebih mirip seperti sebuah dunia virtual (virtual world) dimana para penggunanya dapat saling berinteraksi seperti halnya pada dunia nyata, misalnya dengan melakukan kegiatan tukar menukar file atau meninggalkan pesan. Karenanya, selain untuk bersenang-senang, MUD juga sering dipakai oleh komunitas ilmiah serta untuk kepentingan pendidikan (misalnya untuk memfasilitasi kegiatan kuliah jarak jauh).
Belakangan, dengan semakin tingginya kecepatan akses internet, maka aplikasi chat terus diperluas sehingga komunikasi tidak hanya terjalin melalui tulisan namun juga melalui suara (teleconference), bahkan melalui gambar dan suara sekaligus (videoconference).

Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar