Lily Allen - Smile


Lily Allen - Smile

Minggu, 16 Oktober 2011

Definisi Organisasi

1. Organisasi Menurut Stoner

Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.

2. Organisasi Menurut James D. Mooney

Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

3. Organisasi Menurut Chester I. Bernard

Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Pengertian Organisasi

Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Pengertian Pengorganisasian

Pengorganisasian adalah merupakan fungsi kedua dalam manajemen, dan pengorganisasian didefinisikan sebagai proses kegiatan penyusunan struktur organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan, sumber-sumber, dan lingkungannya. Dengan demikian hasil pengorganisasian adalah struktur organisasi.

Pengertian Struktur Organisasi

Struktur organisasi adalah susunan komponen-komponen (unit-unit kerja) dalam organisasi. Struktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja dan meninjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan (koordinasi). Selain daripada itu struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran perintah dan penyampaian laporan.

Ciri-ciri Organisasi Modern
  1. Organisasi bertambah besar
  2. Pengolahan data semakin cepat
  3. Penggunaan staf lebih intensif
  4. Kecenderungan spesialisasi
  5. Adanya prinsip-prinsip atau asas-asas organisasi
  6. Unsur-unsur organisasi lebih lengkap
Unsur-unsur Yang Terdapat Dalam Organisasi
  1. Manusia (Man)
  2. Kerjasama
  3. Tujuan bersama
  4. Peralatan (Equipment)
  5. Lingkungan
  6. Kekayaan alam
  7. Konstruksi mental organisasi

Teori Organisasi Klasik

Teori organisasi yang berkembang pada awal abad ke-19 ini digolongkan dalam teori organisasi klasik atau bisa disebut dengan teori tradisional. Pada masa ini, organisasi divisualisasikan sebagai sekelompok orang yang membentuk lembaga. Tiap-tiap bagian organisasi tersebut memiliki spesialisasi dan sentralisasi dalam tugas dan wewenang. Ada 4 unsur pokok disini, yaitu :
  1. Kegiatan yang tersistem dan terkoordinasi
  2. Adanya sekelompok orang dengan spesialisasi tertentu
  3. Kerjasama antara sekelompok orang dengan spesialisasi yang berbeda
  4. Adanya kekuasaan dan kepemimpinan yang mengendalikan sistem tersebut

Lalu teori organisasi klasik tersebut berkembang menjadi tiga aliran, yaitu :
  1. Teori Birokrasi
  2. Teori Administrasi
  3. Manajemen Ilmiah

Teori  Organisasi Neo Klasik (Teori Hubungan atau Manusiawi)

Aliran teori organisasi ini muncul sebagai akibat dari ketidakpuasan terhadap teori organisasi klasik, ketiga teori organisasi yang tergabung dalam teori organisasi klasik tersebut dinilai sangat kaku dan mengabaikan hubungan manusiawi. Teori neo klasik memberikan perhatian khusus pada aspek psikologis dan sosial pada diri anggota organisasi baik sebagai individu maupun kelompok. Salah satu pencetus teori ini adalah Hugo Munsterberg tertuang pada bukunya yang berjudul Psychology and Industrial Efficiency yang terbit pada 1913 dan dinilai sebagai rantai penghubung evolusi teori manajemen ilmiah menuju neo klasik.

Teori Organisasi Modern

Ternyata teori organisasi klasik dan teori organisasi neo klasik dinilai belum memuaskan untuk tuntutan manajemen modern. Banyak kelemahan dan ketimpangan yang masih ditemukan sehingga mendorong teori organisasi modern pada tahun 1950.

Teori organisasi modern ini kemudian dikenal dengan nama ”analisis sistem” atau ”teori terbuka” yang memandang organisasi sebagai satu kesatuan dari berbagai unsur yang saling bergantung.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar