Lily Allen - Smile


Lily Allen - Smile

Rabu, 04 Januari 2012

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi

Sistem operasi (Operation System) adalah sebuah perangkat lunak yang memiliki fungsi sebagai pengatur semua proses dari sistem komputer. Misalnya, program aplikasi yang dibuat dengan suatu bahasa tinggi tertentu, memerintahkan hasil dicetak di printer, maka proses yang melakukannya adalah OS yang akan menghubungi printer untuk mencetak hasil tersebut. Sistem operasi ini dapat diibaratkan dengan otak yang mengatur semua sistem operasi tubuh anggota manusia. Begitu pentingnya sistem operasi di suatu sistem komputer, yang kadang-kadang menjadikan pedoman seseorang untuk menentukan pemilihan suatu komputer.

  • 1954. Sistem Operasi Yang Pertama Kali

Sistem operasi pertama kali dikembangkan pada tahun 1954 di General Motor Research Laboratories untuk digunakan pada komputer IBM 701. Kemudian pada tahun 1955, programmer di tempat tersebut bekerja sama dengan North American Aviation menulis OS untuk IBM 704. Beberapa OS yang lainnya telah ditulis untuk komputer-komputer besar sejak tahun 1950 sampai dengan tahun 1960. OS tersebut terbatas penggunaanya, yaitu hanya dapat dipergunakan untuk aplikasi pengolahan data secara sequential (urut) atau batch saja dan biasanya dirancang untuk satu macam komputer saja.

  • 1960. Sistem Operasi Untuk Komputer Mini Pertama Kali

OS untuk komputer mini pertama kali dikembangkan pada tahun 1960 bersamaan dengan diproduksinya konputer-komputer mini. Sebelum tahun ini, OS hanya dipergunakan untuk komputer-komputer besar (mainframe). Pada bulan April 1964 IBM memperkenalkan OS yang disebut dengan OS/360 untuk dipergunakan pada semua seri komputer System 360.

  • 1969. UNIX

Pada tahun 1969, Ken Thompson dari Bell Laboratories menulis suatu OS yang disebut dengan UNIX, yang kemudian diterapkan pada komputer PDP-7. Pada tahun 1973, UNIX dikembangkan lagi dengan cara ditulis dengan menggunakan bahasa C sehingga UNIX merupakan OS pertama yang ditulis dengan high level language. Sejak tahun tersebut banyak orang yang memperkirakan bahwa UNIX akan menjadi OS yang paling populer dan akan banyak dipergunakan. UNIX merupakan OS untuk komputer 16-bit. UNIX pertama kali diterapkan di mainframe computer dan mini computer tetapi sekarang telah banyak dipergunakan untuk micro computer.

  • 1970. CP/M

Pada tahun 1970 komputer mikro mulai dikembangkan dan bersamaan dengan itu, perusahaan Digital Research mengembangkan OS yang diterapkan di komputer mikro yang disebut dengan CP/M. CP/M merupakan singkatan dari Control Program/Microprocessor atau ada yang menyebut dengan Control Program/Monitor atau ada juga yang menyebutnya dengan Control Program for Microcomputer.

CP/M merupakan OS yang paling populer untuk komputer mikro 8-bit yang mepergunakan microprocessor Zilog 80 (Z80) atau microprocessor Intel 8080. CP/M pada tahun 1976 diperbaiki dan lebih ditingkatkan dengan nama CP/M-80 dan karena popularitasnya jadi banyak dipergunakan dan dianggap sebagai standar OS untuk komputer 8-bit. Hampir semua komputer mikro 8-bit mempergunakan CP/M diantaranya adalah Apple II, Applied Digital Data Systems (ADDS), Altos dan lain sebagainya. Penulis dari CP/M adalah Gary Kildall. Disampig CP/M, Digital Research sampai sekarang telah mengembangkan OS yang lainnya diantaranya yaitu CP/M-86, CP/M Plus, Personal CP/M, Concurrent CP/M, MP/M, MP/M-86 dan PC/NET.

  • 1980. MS-DOS

Sebelum tahun 1980, OS yang paling banyak digunakan dan dianggap sebagai standar dari OS adalah CP/M-80 buatan Digital Research. Tetapi sejak tahun 1980, Microsoft Corporation di Bellevue, Washington yang dikepalai oleh William Bill Gates, mengembangkan OS dengan nama MS-DOS (Micro Soft-Disk Operating System) untuk komputer 16-bit, popularitas CP/M tampaknya telah dikalahkan. Orang menganggap sekarang bahwa MS-DOS sebagai standar OS untuk komputer 16-bit. Apalagi sejak IBM memilih MS-DOS untuk diterapkan pada IBM PC yang kemudian diberi nama IBM PC-DOS (IBM Personal Computer-Disk Operating System). Sejak saat itu lebih dari 50 pabrik komputer menggunakan MS-DOS untuk diterapkan di komputernya.

MS-DOS dipergunakan di komputer mikro yang menggunakan microprocessor Intel 8088 atau Intel 8086. Merasa bahwa CP/M-80 yang dipergunakan di komputer 8-bit mulai banyak ditinggalkan dan orang mulai beralih ke komputer 16-bit dengan OS MS-DOS, Digital Research mengembangkan OS baru dengan nama CP/M-86 untuk komputer 16-bit yang mempergunakan microprocessor Intel 8086 atau Intel 8088 sebagai penyaing dari MS-DOS.

OS lainnya yang dikembangkan oleh pabrik Microsoft diantaranya adalah Xenix, yang sebenernya adalah UNIX versi dari Microsoft untuk microprocessor Intel 8086, Zilog 8000 dan Motorola 68000. OS yang lainnya sebagai berikut :

-          Oasis-16 dibuat oleh Phase One Systems.
-          Pick OS dibuat oleh Pick System Inc.
-          p-System dikembangkan pertama kali di University of California at San Diego pada tahun 1974.
-          TRS-DOS dibuat oleh Tandy Radio Shack.

  • 1985. Microsoft Windows Yang Pertama

Perusahaan Microsoft memasarkan system operasi Windows versi yang pertama pada tahun 1985. Windows sebagai sebuah sistem operasi sebenarnya belum bekerja sepenuhnya sebagai suatu platform tetapi masih bekerja dibawah DOS. Ini berarti sebelum Windows dioperasikan, sistem operasi DOS sudah harus digunakan terlebih dahulu yang kemudian Windows dipanggil melalui DOS tersebut. Kelebihan Windows dari DOS adalah kemudahannya untuk digunakan (user friendly) karena menggunakan sistem GUI, multitasking (yaitu dapat mengerjakan beberapa program secara bersamaan dalam bentuk windows yang dapat dipindah dari satu window ke windows lainnya), serta dapat mentransfer informasi diantara aplikasi atau dari satu window ke windows yang lainnya. Walaupun demikian Windows versi 1.0 ini tidak populer dan kurang diminati karena berbagai alasan berikut ini. Yang pertama adalah windows 1.0 ini beroperasi dengan sangat lambat disebabkan pada waktu itu processor yang digunakan kurang mendukung yaitu Intel 8088 dan 80286 yang kecepatannya relatif masih rendah. Yang kedua adalah masih sedikitnya perangkat lunak yang ditulis untuk sistem operasi ini.

  • 1987. IBM Operating System/2

IBM OS/2 dibuat oleh IBM untuk mengatasi kekurangan dari IBM PC-DOS atau MS-DOS. Dengan microprocessor 80286 dan 80386. OS/2 dapat mengalamati memori diatas batas 640 KB yang tidak dapat dilakukan oleh IBM PC DOS. OS/2 mempunyai beberapa kelebihan sebagai berikut :
-          Dapat mendukung beberapa aplikasi yang menggunakan memori sampai 16 MB.
-          Membuat manajemen basis data lebih mudah dengan menyediakan semua sarana-sarana untuk membuat basis data.
-          Dapat digunakan untuk network dengan dihubungkan pada beberapa host computer.
-          Dapat digunakan untuk multi-tasking sehingga dapat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lainnya.

  • 1988. Windows/386

Windows/386 diperkenalkan pada tahun 1988. Windows versi ini diharapkan dapat membuat pengguna komputer berpindah dari DOS ke Windows, karena sudah didukung oleh processor Intel 80386 yang sudah cukup cepat di komputer IBM PC/386. Kenyataannya minat pengguna masih belum berpaling dari DOS.

  • 1990. Windows 3.0

Mulai tahun 1990, popularitas Windows melalui Windows 3.0 meningkat dengan cepat. Kalau tahun ini dianggap sebagai tahun kebangkitan Windows, maka sebenarnya Windows sudah tertinggal 6 tahun dari Apple Macintosh yang sudah terlebih dahulu menggunakan konsep GUI di tahun 1984, keberhasilan Windows 3.0 tidak terlepas dari dukungan processor Intel 80486 yang sudah cukup cepat di computer IBM PC/486. Setahun kemudian pada tahun 1991, Windows versi 3.1 diluncurkan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan di versi sebelumnya.

  • 1993. Mosaic, Browser Internet Pertama Di Sistem Windows

Pada tahun 1990-an, sistem Windows yang digunakan adalah versi 3.x. Windows 3.x ini tidak memiliki protokol yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) untuk hubungan ke internet, sehingga diperlukan perangkat lunak Internet khusus jika seseorang ingin menjelajah ke Internet. Salah satunya adalah yang disebut dengan browser. Mosaic merupakan browser pertama yang dikenalkan pada tahun 1993 di sistem Windows.

  • 1995. Windows 95

Akhirnya pada musim panas tahun 1995, Microsoft mengeluarkan Windows 95 yang mempunyai beberapa kelebihan dari versi Windows 3.x. Windows 95 sudah tidak beroperasi dibawah platform DOS sehingga operasinya lebih cepat dibandingkan dengan Windows versi sebelumnya. Kelebihan lainnya adalah kemampuan PnP (Plug-and-Play) dari Windows 95. Dengan kemampuan ini, jika sebuah alat peripheral ditambahkan di sistem komputernya, alat ini tidak perlu di instalasi tetapi cukup dipasang (plug) saja dan siap untuk dimainkan (play). Setiap saat Windows akan memeriksa jika ada alat baru yang akan ditambahkan dan jika ditemukan, maka Windows akan menginstalasinya.

  • 1997. Windows 98

Windows 98 merupakan perbaikan dari Windows 95 dan Windows 98 ini diperkenalkan pada bulan September 1997.

Referensi :
Pengenalan Komputer, Jogiyanto, 2005, Penerbit ANDI, Jogjakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar