Lily Allen - Smile


Lily Allen - Smile

Minggu, 25 November 2012

Canon Vs Nikon (BI SS 2012)

Pada jaman globalisasi dan teknologi yang semakin canggih, kamera menjadi salah satu barang yang paling diminati oleh kebanyakan orang di Indonesia, tepatnya di Jakarta dan terutama bagi anak muda. Selain bisa dijadikan modal untuk belajar tentang fotografi baik secara otodidak atau secara profesional, kamera menambah nilai dari gaya hidup manusia.
Dalam artikel kali ini, saya akan membahas mengenai 2 jenis kamera yang menjadi andalan bagi setiap fotografer,  yaitu Canon dan Nikon. Selain karena keduanya merupakan saingan terbesar dalam dunia  fotografi, Canon dan Nikon merupakan kamera-kamera yang memiliki kualitas bersaing dibandingkan dengan beberapa merek yang lain. Nah, sekarang saya akan mulai menelusuri "Kenapa orang banyak memilih kamera Canon? Kenapa juga orang memilih kamera Nikon?".

Berhubung dunia fotografi semakin lama semakin berkembang begitu pesat dan banyak yang ingin belajar mengenai hal tersebut tetapi bingung dengan memilih kamera DSLR yang tepat, jadi tidak ada salahnya saya saling berbagi informasi atau share seputar dunia fotografi. Terus terang, awal pada saat saya menyukai fotografi pertama kamera yang saya gunakan adalah Nikon Manual yang masih menggunakan film roll dan ketika mulai memasuki era digital kamera yang saya pakai pun tetaplah Nikon. Digital kamera yang pertama kali saya miliki adalah DSLR Nikon D60.

Berikut merupakan spesifikasi kamera yang saya miliki :
  • Resolusi 10.2-megapixel- Sony Alpha / Minolta-A bayonet lens mount
  • Resolusi maksimal 3872 x 2592
  • Jenis sensor CCD
  • ISO 100-1600
  • Shutter speed 30detik - 1/4000 detik
  • Jenis type file JPEG, RAW (NEF)
  • Jenis memory card : SD/MMC/SDHC
  • LCD ukuran 2.5-inch TFT color
  • Eye Sensor - LCD otomatis mati jika kita melihat optical viewfinder
  • Hot Shoe untuk flash
  • Internal flash dengan Nikon iTTL flash control
  • Nikon Anti Debu (Nikon Integrated Dust Reduction System)
  • Nikon F mount.
  • Battery Lithium Ion (EN-EL9)
  • Berat 495g (kosongan)
  • Ukuran 5.0 x 3.7 x 2.5 in
Selanjutnya, saya akan mulai membahas mengenai perbedaan antara kamera Canon dengan kamera Nikon.

Canon : Selain menu setting-nya lumayan lengkap Canon juga memiliki banyak pilihan lensa, selain harga lensa yang lumayan terjangkau dan banyak pilihan. Tidak masalah buat anda yang baru belajar fotografi. Dari segi harga, Canon memiliki tipe kamera yang lumayan murah untuk pemula yaitu Canin 1000D, 450D, 500D atau 550D. Untuk jenis kamera di atas resolusi paling tinggi 18 MP. Untuk kelas menengah ke atas, menurut saya bisa mencoba menggunakan kamera Canon dengan tipe Canon 40D, 50D, 7D atau 5D. Harganya pun lebih mahal daripada jenis kamera sebelumnya, meskipun kualitas gambar yang baik itu juga tergantung pada lensanya.

Nikon : Untuk para pemula yang baru belajar fotografi bisa menggunakan kamera Nikon dengan tipe Nikon D3000. D3100 atau D5000. Tetapi, menurut saya untuk yang baru belajar dan dengan dana yang terbatas, saya rasa jangan menggunakan Nikon. Alasannya, Karena tipe kamera Nikon D3000, D3100 atau D5000 tidak  memiliki motor di bodynya, sehingga auto focus tidak bekerja pada lensa jenis AF-D sehingga harus menggunakan manual fokus dan dari segi resolusi gambar pun hanya paling tinggi 16,2 MP. Untuk kelas yang lebih canggih bisa menggunakan kamera Nikon dengan tipe Nikon D300s atau D7000, auto fokusnya bekerja sangat baik. Pengendalian noise pada ISO tinggi sangat bagus cocok digunakan pada ruangan gelap. 

Secara umum banyak orang yang beranggapan bahwa kamera Canon itu lebih cocok untuk foto wedding atau portrait, dikarenakan lebih lembut. Dan kamera Nikon lebih disukai untuk foto landscape atau pemandangan, karena lebih detail. Namun tidak ada batasan untuk mengeksplorasi keunikan kamera masing-masing, karena lensa juga sangat menentukan dari hasilnya.

Jadi, setelah anda membaca di atas pasti sudah tau yang mana yang akan anda pilih. Lalu, alasan kenapa kamera Canon lebih diminati dari kemera Nikon, kesimpulannya dari segi Lensa, Harga, Resolusi dan Kualitas semua saling berpengaruh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar