Lily Allen - Smile


Lily Allen - Smile

Jumat, 16 November 2012

Trik Jitu Menjadi Manusia Berkarakter (BI SS 2012)

Definisi dari karakter adalah suatu kebiasaan yang menjadi pengarah dari tindakan-tindakan kita yang pada akhirnya jika kita bisa mengetahui kebiasaan-kebiasaan seseorang kita juga bisa mengetahui sikap seseorang tersebut pada suatu situasi atau kondisi yang terjadi. Atau dengan kata lain karakter adalah rangkaian tindakan yang terjadi secara spontan karena sudah tertanam dalam pikiran dan disebut dengan kebiasaan. 

Inti dari yang terpenting dalam pembentukan karakter adalah pikiran kita sendiri. Apa yang kita pelajari, apa yang kita alami, apa yang kita lakukan, apa yang kita kembangkan dan semua yang terjadi dalam perjalanan kehidupan kita semuanya terekam dalam memori otak kita yang secara otomatis. Apa yang keluar dari rekaman memori otak kita jika sesuai dengan pola umum maka tindakannya pun akan sesuai dengan pola umum tersebut dan hasilnya membawa ketenangan dan kebahagiaan. Jika sebaliknya maka tindakannya akan menjadikan kesengsaraan dan penderitaan.

Kita semua dihadapkan dengan permasalahan yang sama, yaitu persoalan kehidupan di dunia dengan berbagai dimensinya persoalan kehidupan sehari-hari, pendidikan, pekerjaan sampai persoalan cinta, tetapi respon yang kita berikan terhadap permasalahan tersebut berbeda-beda. Ada diantara kita yang hidupnya tetap penuh semangat, penuh aura positif tapi ada juga yang hidup penuh keputusasaan, hilang semangat, hilang pengharapan. Ada yang menjalani hari dengan perasaan bahagia dan ceria, sedangkan yang lain hidup dengan penuh penderitaan dan keluhan. Padahal kita semua berangkat dari kondisi yang sama, yaitu kondisi ketika masih kecil yang penuh semangat, ceria, bahagia dan tidak ada rasa takut atau pun rasa sedih. 

Karakter dalam diri seseorang sangat penting dimana kita dapat memulainya dan dari apa yang kita pikirkan oleh karena itu menjaga konsepsi pemikiran kita sangat penting dalam menjadikan kita manusia yang berkarakter baik.
 
Langkah-langkah membangun Karakter pada diri sendiri :
  1. Memberi ruang kepercayaaan pada diri bahwa karakter yang tidak baik bisa diubah menjadi karakter yang baik.
  2. Memiliki keinginan yang sungguh-sungguh untuk mempunyai karakter yang baik.
  3. Belajar dari hal-hal yang kecil.
  4. Berlatih terus-menerus sampai menjadi kehidupan sehari-hari.
  5. Milikilah hati yang siap untuk dibentuk dan diubah.

Hal-hal dasar yang perlu diketahui dalam membangun Karakter :
  1. Selalu berpikir yang positif, baik dan membangun.
  2. Selalu melakukan segala sesuatu dengan sungguh-sungguh tanpa mengeluh.
  3. Tidak membuka celah untuk bicara atau mendengar hal-hal yang negatif.
  4. Mencari mentor yang tepat
  5. Selalu bertanya dan berbagi jika ada persoalan.
  6. Berani mengakui kesalahan dan mau berubah.
  7. Harus menyelesaikan setiap persoalan yang masih mengganjal dihati.

Tipe-tipe dari Karakter :
  1. Tau dan Mau
  2. Tau dan Tidak Mau
  3. Tidak Tau dan Mau
  4. Tidak Tau dan Tidak Mau.

Seseorang tanpa karakter adalah seperti kapal tanpa kemudi (Karl G. Maeser)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar