Lily Allen - Smile


Lily Allen - Smile

Sabtu, 13 April 2013

Gagalnya Hak Paten Ipad Mini Oleh Apple

 
Apple terancam kembali “kehilangan” salah satu produknya. Pasalnya baru-baru ini US Patent and Trademark Office (USPTO), lembaga yang mengurusi masalah merek dan paten di Amerika Serikat menolak permintaan paten Apple terhadap kata “iPad Mini” di Amerika Serikat.

Penolakan itu menurut USPTO karena “iPad Mini” adalah kata yang umum dan tidak mengandung makna unik. Pihak Apple, ditambahkan USPTO gagal “Menciptakan artian unik, aneh dan tidak umum dalam kaitannya dengan sebuah perangkat mobile kecil, mirip tablet komputer yang punya kemampuan untuk mengakses internet", demikian seperti yang dilansir dari Digital Spy, Jumat, (05/04/2013).  

“iPad Mini hanya menggambarkan fitur atau karakteristik barang. Istilah mini dan pad dan awalan i, semuanya deskripsi,” tulis pernyataan Kantor Hak Paten dan Merek Dagang. Baik sebagai istilah individual atau gabungan, iPad mini tidak menciptakan makna, unik, aneh, atau non-deskriptif dalam kaitannya dengan barang perangkat genggam kecil komputer tablet yang mampu memberikan akses internet. Selain itu, nama Mini sudah banyak digunakan untuk mendeskripsikan bermacam perangkat handheld digital. Apple pun harus menunjukkan bahwa mini adalah nama khusus yang pantas diberikan untuk mereka.

Apple punya waktu sampai Juli untuk mengajukan banding dan menyakinkan USPTO kalau “iPad Mini” bisa dipatenkan. Masalah paten dan merek bukan hal baru bagi Apple, yang saat ini juga tengah terlibat perselisihan terkait hak paten teknologinya dengan Samsung. Tahun lalu Apple menang gugatan USD 1 Miliar dari Samsung setelah pihak pengadilan memutuskan Samsung melanggar hak paten Apple. Namun di Brazil, Apple justru kalah dalam perebutan nama gadget andalan mereka, iPhone. Perusahaan telekomunikasi lokal asal Brazil berhasil memenangkan kasus tersebut dan berhak menggunakan nama “iphone”untuk produk ponsel mereka.

Sejak Oktober 2012 hingga Januari 2013, iPad dan iPad Mini terjual sebanyak 22,9 juta unit di seluruh dunia. Apple sendiri terlibat serangkaian perebutan hak paten dengan beberapa perusahaan pesaingnya, terutama Samsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar