Lily Allen - Smile


Lily Allen - Smile

Sabtu, 08 Juni 2013

Kasus Suap Impor Daging Sapi

Tersangka kasus suap impor daging sapi mengejutkan publik lantaran saat diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyeret sejumlah wanita cantik dan seksi. Tidak hanya uang, para wanita ini yang berjumlah lebih dari 20 orang ini juga dimanjakan Ahmad Fathanah dengan mobil, perhiasan, bahkan jam mewah Rolex. Satu wanita bisa menerima uang dari Fathanah hingga mencapai Rp 1 miliar.

"Dikirim bertahap dari 2009 sampai 2013,minimal ngirim Rp 40 juta. Terus menerus jumlah variatif kalau ditotal Rp 1 milyar. ke beberapa pria juga ngirim," ujar Muhammad Yusuf, Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Siapa saja wanita ini?

Maharany Suciyono – Maharany waktu itu diketahui adalah seorang mahasiswa Fakultas Komunikasi Universitas Moestopo Beragama. Setelah diperiksa, Maharany akhirnya dilepas oleh KPK karena tidak terbukti terlibat dalam kasus suap impor sapi ini.

Tri Kurnia Puspita – Wanita ini mendapatkan Honda Freed, arloji Rolex, dan gelang Hermes dari Fathanah. Siapakah dia? Tri Kurnia Puspita adalah nama wanita yang disebut pernah dekat dengan Ahmad Fathanah.

Ayu Azhari – Artis kawakan ini rupanya pernah diberi uang oleh Fathanah. Uang diberikan secara bertahap dalam bentuk dolar dan rupiah. Pertama diberikan dalam bentuk dolar tunai sebesar USD 800. Kemudian tunai USD 1.000 dan dalam uang tunai rupiah sebesar RP 10 juta. Terakhir dalam bentuk transfer sejumlah Rp 10 juta.

Vitalia Sesha – Model panas ini mengaku diberi sebuah mobil Honda Jazz dan jam tangan mewah merk Chopard. "Vita mengaku cuma sebagai teman AF. Sekarang semua barang itu sudah disita KPK," ujar juru bicara KPK, Johan Budi, Senin (6/5).

Novia Ardana – Fathanah memanjakan artis ini dengan mobil Honda Jazz, uang puluhan juta rupiah, dan perhiasan. "Hubungan mereka hanya 2 bulan," ujar kuasa hukum Vitalia Sesha, Farhat Abbas di Jakarta beberapa waktu lalu.

Dewi Kirana – Penyanyi dangdut ini ngetop di wilayah Pantura (Indramayu, Subang, Cirebon) bahkan dia dijuluki Queen of Pantura. Dewi sendiri sudah berkeluarga dan dikaruniai empat orang putri. Meskipun namanya disangkutkan dalam kasus ini, namun hingga kini hubungan keduanya masih bias karena KPK belum membuka informasi tentang hal itu.

Surti – Tinggal di kontrakan mewah di Bekasi. Informasi dari warga, Surti baru menempati rumah kontrakan mewah berlantai dua itu sejak sepekan lalu. Perkenalan keduanya berawal dari seringnya Fathanah datang ke masjid Ainul Yaqin, masjid yang sama tempat Surti berjemaat. Seorang warga, Zulkarnain (57) mengaku mengenali Ahmad Fathanah dengan nama Olong. Fathanah menikahi Surti pada 2010 silam.

Nama terakhir yang sempat disangkutkan adalah Kiki Amalia. Demi sebuah reformasi, pada waktu itu ada banyak korban jiwa demi Indonesia lebih baik lagi. Namun yang terjadi sebaliknya. Koruptor merajalela dan memakai uang negara dengan seenaknya. Hapus korupsi di bumi pertiwi dan jadilah negara yang bersih.

Setelah dua kali mangkir, KPK kembali memanggil Ahmad Zaky untuk memberikan kesaksian terkait kasus suap alokasi impor daging sapi. Pemanggilan terhadap wiraswasta yang diduga terlibat dengan kasus suap pengaturan daging impor itu dilakukan Rabu (22/5). Kepala Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha mengatakan, panggilan kali ini merupakan ketiga kalinya pada yang bersangkutan. Zaky dipanggil, sebagai saksi untuk tersangka Luthfi Hasan Ishaaq.

Selain mangkir dalam pemeriksaan KPK, pria yang diduga teman dekat Luthfi Hasan itu juga sempat menghilang saat proses penyegelan dan penyitaan enam mobil di gedung DPP PKS beberapa waktu lalu. Nama Zaky muncul setelah disebut-sebut dalam rekaman pembicaraan yang diputar di persidangan kasus dugaan korupsi kuota impor daging sapi dengan terdakwa Direktur PT Indoguna Utama Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi.

Dalam rekaman itu, Zaky disebut meminta fee pengurusan kuota impor daging sapi PT Indoguna Utama sebesar Rp 2000 per kilogram daging. Zaky diduga terlibat pengurusan tambahan kuota impor daging sapi untuk PT Indoguna Utama sebesar 500 ton pada 2012. Selain Zaky, KPK juga memanggil pengusaha swasta lainnya bernama Rudi Ruswadi. Pihak lain yang juga dipanggil KPK adalah Kepala Bengkel MD Otomotif Agus Trihono, yang lokasi bengkelnya berada di sekitar gedung DPP PKS di jalan TB Simatupang, seorang pengemudi bernama Ali Imran, dan mantan supir LHI, Bagam Gandafi.

Dalam kasus suap impor daging sapi itu, KPK telah menetapkan lima orang tersangka yaitu Luthfi Hasan Ishaaq, Ahmad Fathanah, dua orang direktur PT Indoguna Utama yang bergerak di bidang impor daging yaitu Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi, serta direktur utama PT Indoguna Utama Maria Elizabeth Liman. Fathanah bersama Lutfi Hasan disangkakan melanggar Pasal 12 Huruf a atau b atau Pasal 5 Ayat (2) atau Pasal 11 UU No. 31/1999 sebagaimana telah diubah menjadi UU No. 20/2001 jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP mengenai penyelenggara negara yang menerima hadiah atau janji terkait kewajibannya. Keduanya juga disangkakan melakukan pencucian uang dengan sangkaan melanggar pasal 3 atau pasal 4 atau pasal 5 Undang-Undang nomor 8 tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Sementara Elizabeth, Juard dan Arya Effendi diduga melanggar Pasal 5 Ayat (1) atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah menjadi UU No. 20/2001 jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP tentang pemberian hadiah atau janji kepada penyelenggara negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar