Lily Allen - Smile


Lily Allen - Smile

Jumat, 05 Juli 2013

Sampai Kapan Android Mendominasi Pasar OS Dunia?

Perusahaan riset internasional IDC merilis hasil penelitian mereka berkaitan dengan penjualan smartphone selama kuartal pertama(Q1) 2012. Android mendominasi pangsa pasar smartphone seluruh dunia dengan menguasai 59% pasar diikuti oleh iOS dengan menguasai 23% pasar smartphone di seluruh dunia.

Android berhasil menjual 89.9 juta unit perangkat pada Q1, iOS berhasil menjual 35.1 juta unit perangkat kemudian diikuti oleh perangkat smartphone dengan OS Symbian sebanyak 10.4 juta unit. Peneliti dan analis senior dari IDC, Ramon Llamas, menilai inovasi Android dan iOS dalam mengembangkan platform yang kaya aplikasi dan user friendly membuat kedua perangkat dengan OS ini bisa diterima di seluruh dunia.

Android berkembang pesat dari tahun sebelumnya, jika pada Q1 2011 mereka hanya menguasai 36.1% pangsa pasar smartphone di seluruh dunia, maka di Q1 2012 ini mereka berhasil mendominasi sampai 59% pangsa pasar smartphone di seluruh dunia.

Lalu platform apa yang jatuh bebas selama setahun belakangan? menurut riset dari IDC, Symbian dan BlackBerry yang paling merosot pangsa pasarnya setahun ini. Tahun lalu, di Q1 mereka masih bisa menjual 40.2 juta unit perangkat, namun di Q1 tahun ini mereka hanya berhasil menjual 20.1 juta unit. Penurunan penjualan dari smartphone dengan OS Symbian dan BlackBerry ini mencapai 50%.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat hasil riset IDC di bawah ini :

  

Saat ini, Android masih berjaya sebagai sistem operasi smartphone terpopuler di dunia. Pertanyaannya, sampai kapan prestasi tersebut bertahan? Biro riset IDC memperkirakan, Android masih akan memimpin setidaknya empat tahun ke depan atau 2016. Menurut data IDC, pangsa pasar Android saat ini secara global adalah 63,8%.

Posisi kedua masih akan ditempati iOS besutan Apple yang saat ini punya pangsa pasar 18,8%. Dan di sisi lain, Windows Phone dinilai akan menjadi ancaman yang cukup serius meski perkembangannya perlahan-lahan. "Android diperkirakan tetap di depan, namun kami juga memprediksi Android jadi target utama OS lain. Windows Phone akan meraih banyak pangsa pasar karena para mitra akan lebih berpengalaman menjual hal berbeda yang ditawarkannya," kata Ramon Llamas, Research Manager IDC.

Dilansir V3 dan dikutip detikINET, Rabu (5/12/2012), IDC memproyeksi pangsa pasar Windows Phone menjadi 11% di tahun 2016. Padahal saat ini, market share OS tersebut masih berada di kisaran 2,6%. Dukungan vendor besar akan membantu perkembangan Windows Phone. Lalu bagaimana dengan nasib BlackBerry? IDC memproyeksi pangsa pasar BlackBerry akan tetap konsisten di atas 4% sampai 4 tahun ke depan. Sebab, masih cukup banyak konsumen yang loyal pada brand ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar