Lily Allen - Smile


Lily Allen - Smile

Kamis, 18 April 2013

Sejarah Birman


Berabad-abad lalu orang-orang Khmer di Birma membuat kuil Lao-Tsun sebagai tempat memuja dewi dengan mata biru safir yang bernama Tsun-Kyan-Kse. Seorang pendeta bernama Mun-ha sering berlutut  untuk bermeditasi di depan patung emas dewi tersebut bersama seekor kucing putih bernama Sinh. Pada suatu ketika perampok menyerang kuil tersebut dan akibatnya Mun-Ha terbunuh.

Setelah Mun-Ha meninggal terbunuh, Sinh meletakan kakinya di atas tubuh tuannya dan menghadap patung dewi Tsun-Kyan-Kse. Kemudian bulu putihnya berubah warna menjadi keemasan dan mata kuningnya berubah menjadi biru seperti mata dewi Tsun-Kyan-Kse. Warna keempat kakinya berubah menjadi coklat tanah. Tetapi cakar yang diletakkan di atas tubuh tuannya tetap berwarna putih yang melambangkan kesucian.

Keesokan harinya, ratusan kucing yang hidup di kuil tersebut juga mempunyai warna yang sama dengan Sinh. Sinh tidak pernah meninggalkan altar pemujaan hingga saat kematiannya tujuh hari kemudian. Kemudian arwah Sinh membawa arwah tuannya menuju surga. Sejak saat itu bila ada seekor kucing kuil mati, dipercaya ada arwah seorang pendeta yang menemani arwah kucing tersebut di perjalanan alam akhirat. Pada titik ini legenda berakhir dan sejarah bermula.

Pada tahun 1919, dua orang berkebangsaan Perancis Auguste Pavie dan Gordon Russel, datang ke kuil untuk membantu para pendeta di kuil. Sebagai tanda terima kasih, para pendeta mengirimkan sepasang kucing birman. Sayangnya kucing jantan mati di perjalanan, tetapi kucing betina ternyata sedang hamil.

Ras birman awal, pada sekitar tahun 1925, berasal dari sepasang kucing bernama Orloff dan Xenia de Kaabaa. Ras ini mengalami kemunduran akibat resesi dan perang dunia ke dua. Hanya  satu pasang kucing yang berhasil selamat melewati masa-masa sulit tersebut.

Ras Birman mulai diakui di Inggris pada tahun 1966. Baru  pada tahun berikutnya Amerika mengakui ras ini, ketika CFA (Cat Fanciers Association) mengakui standarisasi ras tersebut.


Spesifikasi :


Golongan
Longhair
Ukuran
Sedang
Ciri Fisik

Kepala
Kepala lebar dan bulat
Hidung
Ada sedikit lekukan
Telinga
Berukuran sedang dengan ujung melengkung
Mata
Berwarna biru dan bulat
Badan
Tegap dengan panjang sedang
Kaki
Keempat jari-jari kaki berwarna putih simetris dan tidak melebihi batas pergelangan kaki
Cakar
Berwarna putih
Bulu
Bulu leher dan ekor tebal dan halus. Warna bulu badan lebih pucat dibandingkan dengan warna point pada kedua telinga, muka, kaki dan ekor.
Ekor
Panjang dan tidak kusut

Kelebihannya
Yang Perlu Diperhatikan
Mempesona
Perlu disisir setiap hari
Cerdas
Tidak suka dikurung
Mudah beradaptasi dan mudah dilatih

Cocok untuk anak-anak

Pendiam

Indah dan menarik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar