Lily Allen - Smile


Lily Allen - Smile

Kamis, 18 April 2013

Sejarah Manx


Ras kucing Manx berasal dari pulau kecil di daerah England yang bernama Isle of Man. Manx termasuk salah satu ras kucing tertua yang pernah terdaftar. Manx juga merupakan salah satu ras yang terbentuk secara alami. Ciri utama manx adalah ekor pendek atau tanpa ekor sama sekali dan bulunya yang pendek.

Mirip dengan hubungan  ras persia dan exotic shorthair, Manx dengan bulu panjang digolongkan menjadi satu ras lain yang berbeda, yaitu ras Cymric (dibaca KIM RIK atau KUM RIK).

Banyak cerita dan mitos berhubungan dengan manx dan bagaimana ia kehilangan ekornya. Salah satu mitos menceritakan bagaimana manx kehilangan ekornya pada zaman Nabi Nuh. Satu kisah menyebutkan ada seekor kucing datang terlambat pada saat bahtera Nabi Nuh siap berangkat. Karena terburu-buru menutup pintu, pintu tersebut menimpa dan memotong ekor kucing tersebut yang akhirnya menjadi nenek moyang ras Manx.

Mitos lain mengisahkan dari awal anjing yang berada di kapal nabi Nuh memang tidak menyukai kucing. Anjing tersebut  menggigit ekor kucing hingga putus. Ketika bahtera berhenti di Ararat, kucing tersebut kabur dan berenang ke pulau terdekat yang sekarang dikenal sebagai isle of man. Akhirnya kucing tersebut dan keturunannya tidak mempunyai ekor.

Diluar semua mitos tersebut, manx adalah kucing yang mengalami mutasi genetik. Mutasi ini berhubungan dengan perkembangan tulang punggung. Gen tanpa ekor bersifat dominan (menutupi/mengalahkan gen ekor normal). Istilah "Sindrom Manx"  digunakan untuk menunjukan gangguan atau kelainan genetik tulang punggung pada manusia dan hewan lainnya.

Perkembangbiakan manx harus diawasi dengan ketat. Manx yang mempunyai dua gen ekor pendek (homozigot) biasanya mati dan keguguran karena kelainan tulang punggung. Janin kucing yang mati biasanya dikeluarkan dalam keadaan waktunya lahir. Oleh karena itu seorang breeder harus hati-hati bila mengawinkan dua ekor manx tanpa ekor. Hal yang serupa juga terjadi pada ras Scottish fold yang mengalami mutasi genetik pada tulang rawan.

Ras Manx sudah dikenal di British sebelum lahirnya Cat Fancy di negara tersebut yaitu pada tahun 1870.  Kemudian mulai populer di US pada tahun 1930.

Berikut merupakan salah satu contoh penghargaan kepada ras Manx oleh Isle Of Man dengan membuatkan koin pada tahun 1970


Spesifikasi :


Golongan
Shorthair
Ukuran
Kecil
Ciri Fisik

Kepala
Bundar dengan pipi melonjong
Hidung
Warna hidung senada dengan warna bulu
Telinga
Berukuran sedang, bagian bawah melebar dengan ujung melengkung dan letak keduanya berjauhan
Mata
Lebar, bulat dan ekspresif
Badan
- Sangat pendek dibanding ras lain
- Dada lebar dan tulang punggung melengkung sampai pinggul
Kaki
Kaki belakang lebih panjang dan lebih kuat dari kaki depan
Cakar
Bulat dan kokoh
Bulu
Terdiri dari dua lapis, pendek dan tebal
Ekor
Tidak ada

Kelebihannya
Yang Perlu Diperhatikan
Penampilannya unik

Cerdas dan berani

Cocok dengan anak-anak dan anjing

Mudah untuk disayang

Penangkap tikus yang handal

Cocok untuk di kantor


Tidak ada komentar:

Posting Komentar